Selasa, 07 Juni 2011

PENYULUHAN TENTANG PENGARUH HIV/AIDS BAGI ANAK DAN REMAJA


PENYULUHAN TENTANG PENGARUH HIV/AIDS BAGI ANAK DAN REMAJA
TUGAS AKHIR MATA KULIAH
APLIKASI KOMPUTER
dewiastutiPLSEKSTENSI09.com







Nama : Dewi Astuti
Nim : (109371007)


JURUSAN PLS EKSTENSI 09
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
TA. 2010/2011






KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena berkat karunianya maka akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah APLIKASI KOMPUTER
Didalam menyelesaikan tugas-tugas ini penulis susun berdasarkan beberapa buku yang berhubungan dengan topik pembahasan ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini mempunyai banyak kekurangan disana-sini. Sumbang saran yang bersifat membangun dari ibu dosen dan para pembaca sangat saya harapkan.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.

Medan, Juni 2011


Penulis













DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
b. Tujuan Penyuluhan
c. Manfaat penyuluhan
BAB II TINJAUAN TEORI
a. Pengertian Web Blog
b. Fungsi Blog
BAB III METODE PEMBUATAN BLOG
BAB IV PEMBAHASAN
a. Pengertian
b. Masalah HIV/AIDS pada anak dan remaja
c. Cara penanggulangan HIV pada anak dan remaja
d. Penularan HIV/AIDS pada anak dan remaja dapat ditularkan
e. Gejala-gejala HIV/AIDS
f. Bagaimana mengetahui orang yang sudah terinfeksi HIV/AIDS
g. Melindungi Diri Dari HIV/AIDS
h. Bagaimanan cara melakukan HIV/AIDS
BAB V PENUTUP
a. Kesimpulan
b. Saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Masa remaja usia 10-24 tahun merupakan masa transisi yang unik dan khusus yang ditandai dengan barbagai perubahan fisik, emosi, dan psikis. Dan masa remaja ini di sebut pubertas atau peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa dengan pematangan organ-organ sex atau reproduksi. Perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja begitu cepatnya dibandingkan dengan perubahan emosi dan psikis. Perubahan yang cukup besar ini dapat membingungkan remaja yang mengalaminya untuk itu mereka memerlukan pengertian, bimbingan, dan dukungan lingkungan sekitarnya agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat baik fisik, mental, sosial budaya, dan ekonomi. Dalam lingkungan sosial tertentu, masa remaja bagi pria merupakan saat diperolehnya kebebasan, sementrara bagi remaja wanita saatnya dimulainya segala pembentukan pembatasan.
Seiring dengan berbagai perubahan yang dialami remaja, remaja cenderung ingin mencari jati diri lewat mencoba segala sesuatu yang belum pernah dilakukannya atau lebih dikatakan tidak mau ketinggalan jaman. Dalam arti jika tidak mau ketinggalan jaman. Dari pergaulan antara sesamanya, remaja kadang terjerumus pada pergaulan bebas hingga mulai mencoba-coba narkoba dan melakukan hubungan seksual diluar nikah, sehingga menjadi resiko tertular penyakit menular seksual HIV/AIDS.
Hal ini sangat memprihatinkan karena banyak kasus-kasus yang menyatakan hampir 10%-40% pecandu narkoba yang diduga kebanyakan dari para remaja yang memakai jarum suntik positif terinfeksi virus HIV/AIDS. Penyebaran HIV sangat cepat melalui jarum suntik karena langsung masuk ke sistem pembuluh darah dan dengan melakukan sex bebas penularan semakin cepat terjadi. Banyak para remaja juga tidak mengetahui bahwa penyakit yang mereka derita akibat virus HIV/AIDS sudah mencapai tingkat yang serius karena terlambat diagnosa dan sering menimbulkan komplikasi. Hal ini terjadi karena mereka kurang mendapatkan informasi tentang penyakit AIDS. Mereka juga belum mendapat berbagai bentuk bimbingan, nasihat, dan konseling, baik dari orang tua, keluarga, dan guru mereka, atau pihak-pihak lainnya.
AIDS adalah penyakit yang berbahaya dan merupakan ancaman latent bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. AIDS merupakan silent killer karena tanpa ada gejala kita dapat meninggal sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan karena masa inkubasi atau masa lantent infeksi HIV bertahun-tahun rata-rata antara 5-7 tahun. Ini berarti seorang yang menderita HIV tidak menunjukan suatu gejala klinis. Dengan kata lain orang tersebut akan tampak merasa sehat selama bertahun-tahun.
HIV masuk kedalam tubuh melalui darah, bisa melalui luka ataupun pembuluh darah. HIV yang jumlahnya cukup besar sehingga mudah menulari tubuh seseorang ternyata ada dalam 3 cairan yang ada dalam tubuh manusia, yakni: darah, sperma dan cairan vagina. Selain itu dalam konsentrasi yang sangat kecil, HIV juga ada dalam cairan tubuh yang lain seperti: air mata, keringat, ludah, tinja dan lain-lain. namun cairan tersebut tidak cukup kuat untuk menularkan HIV pada orang lain. sehingga dapat disimpulkan bahwa HIV hanya dapat menular malalui beberapa cairan tubuh.
Bentuk lain dari penularan HIV adalah melalui darah. Hal ini terjadi bila darah tercemar HIV masuk ke dalam tubuh seseorang, baik secara langsung yaitu melalui transfusi darah dan transplantasi organ maupun melalui alat-alat yan mengandung darah dan mudah tercemar HIV seperti jarum suntik yang telah digunakan oleh seseorang yang telah terinfeksi HIV tanpa disterilisasi terlebih dahulu. Sebaiknya jika menggunakan jarum sekali pakai baik untuk suntikan, tattoo, tindik dan lain-lain.
Hubungan sosial dengan pederita HIV atau seseorang yang memiliki faktor terkena AIDS tidak beresiko terkena AIDS. Belum pernah di jumpai ada kasus dimana AIDS ditularkan melalui kontak sosial seperti biasa berupa berpelukan, bersalaman bahkan berciuman. Begitu juga menggunakan pakaian berganti, HIV juga tidak menular. Walaupun demikian tetap saja kita harus waspada terutama kaum remaja yang sangat rentan tertular atau terkena HIV.
Jadi jika seseorang tertular HIV, sekali pun ia belum mengalami dan memperlihatkan gejala ia dapat menularkan HIV kepada orang lain melalui prilaku yang beresiko. Inilah yang disebut fenomena gunung es di mana satu angka yang di ketahui berarti kemungkinan 100 angka yang belum diketahui dan ini akan sangat menakutkan. Untuk itu diperlukan dukungan dari semua pihak agar remaja generasi penerus bangsa dapat tumbuh dan berprilaku hidup sehat baik secara fisik, mental, sosial sehingga Sumber Daya Manusia dapat meningkat. Kemiskinan, tidak tersedianya lapangan pekerjaan dan hidup telantar sering sangat erat hubungannya dengan rendahnya tingkat pendidikan mereka. penyalah gunaan alcohol, obat bius, serta berbagai bentuk kejahatan lainnya merupakankan gejala sosial yang beresiko yang melibatkan remaja kita. Kecepatan perubahan yang terjadi dalam keluarga dan struktur sosial masyarakat akan mempengaruhi perkembangan kesehatan dan kesejahteraan remaja kita. Semua kondisi ini perlu diwaspadai dan dapat menjadi situasi perkembangan yang beresiko penyebaran HIV pada remaja.
B. TUJUAN PENYULUHAN
Adapun tujuan penyuluhan HIV/AIDS, yaitu antara lain sebagai berikut:
a. Pengertian HIV/AIDS
b. Cara penularan virus HIV/AIDS
c. Pencegahan Infeksi HIV/AID
C. MANFAAT PENYULUHAN
a. Kita dapat mengetahui bagaimana bahaya HIV/AIDS bagi anak dan Remaja
b. Kita dapat mengetahui bagaimana cara penularan HIV/AIDS bagi para remaja
c. Dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan infeksi HIV/AIDS bagi kehidupan anak dan remaja.
BAB II
TINJAUAN TEORI
Pengertian Web Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara terus-menerus dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik, disertai dengan komentar-komentar pemilik blog dan pengunjungnya. Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan keinginan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet atau “diary online”, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Fungsi Blog
1. Blog sebagai media searah:Bentuk ini hanya memaparkan pengalaman hidup penulis,atau satu nukilan, semata-mata hanya suka-suka saja, kemudian menutup ruang komen bagi pembaca.
2. Blog sebagai media dua arah:Bentuk ini serupa seperti yang pertama, hanya saja dengan cara ini, mampu memberi peluang kepada pembaca untuk memberi komen serta mengenali penulis seterusnya menjalin persahabatan melalui blog itu.
3. Blog sebagai media berbagai Tujuan:Bentuk ini pun hanya memiliki perbedaan tipis dengan dua bentuk diatas, jika keduanya hanya di buat dengan seadanya, yang ini di buat dengan tujuan tertentu. Diantaranya sebagai maklumat dan pendidikan, promosi barang jualan, dan pengiklanan.
4. Maklumat dan Pendidikan:Blog jenis ini hanya boleh di buat oleh penulis yang berpendidikan ataupun yang mempunyai pengalamannya sendiri.
5. Promosi barang/jualan :Blog jenis ini sekiranya kita tidak mampu membuatnya kita boleh mengupah orang lain, yang penting kita ada barangs sendiri atau pun mengedarkan barangan orang lain yang ingin kita pasarkan.
6. Pengiklanan:Blog jenis ini saya dapati adalah blog yang lebih mudah digunakan, kita hanya perlu mengetahui sedikit sebanyak cara dan teknik “blogging”. Bagi yang mampu bisa menggunakan domain dan hosting yang membutuhkan biaya seperti di www.namsahaz.com serta mengunakan weblog www.wordpress.com
7. Salah satu contohnya adalah “Google Adsense” dan ini juga disebut dengan “pay per click”. Apabila kita menggunakan blog bentuk ini, maka kita berperan sebagai “Adsense Publisher”, yang mana kita berkerja dengan Google sebagai majikan. Setiap iklan yang diklik akan dibayar berupa cek setelah sampai minimum USD100 apabila nilai minimum tidak dapat dicapai pada bulan itu, maka akan dibawa ke hadapan hingga nilai USD100 cukup dan cek akan tiba di tangan anda.
8. Blog sebagai media dengan cara yang salah:Bentuk ini selalu di gunakan oleh mereka yang tidak bertanggungjawab, yang mereka tahu akan mendapat keuntungan secara mudah dengan memaparkan benda-benda yang dilarang, bagi mereka yang penting adalah uang. ( saya kira saya tidak perlu mengulas lanjut tentang rupa bentuk blog ini, tentunya anda semua sudah dapat memaklumi hal tersebut).




















BAB III
METODE PEMBUATAN BLOG

Langkah 1
Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali. jika belum bisa atau belum membuat email baca di sini (klik di sini), disitu sudah saya bahas tentang langkah membuat email. Tenang saja tidak usah terburu-buru. Baca dulu panduan ini sampai habis, kemudian baru dipraktekkan.
Langkah 2
Jika sudah membuat email, bukalah alamat www.blogger.com, kemudian klik gambar panah orange yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.
Langkah 3
Setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini pada kolom alamat email. Masukan email kamu ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas masukan sebuah paswod : isiakan kanta kunci (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka) ketikan ulang sandi : masukan lagi paswod yang telah kamu masukan sama dengan yang di atas. Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaa dengan posting, artikel yang kamu buat) verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat di atas kolom. pada gambar di atas sudah saya sertakan contoh pengisiannya jika sudah diisi semua lalu klik gambar panah orange (lanjutkan)
Langkah 4
Kemudian akan muncul seperti ini. Isilah Judul Blog sesuai dengan keinginannmu isi juga alamat blog sesuai dengan keinginanmu juga, jika alamatmu menggunakan 2 kata atau lebih. pisahlah dengan tanda titik ( . ) atau tanda ( – ). karena tidak bisa menggunakan spasi. Contoh pengisiannya seperti gambar ini terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja link “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia itu adalah jendela disain template. untuk memilih tinggal klik salah satu.
Langkah 5
Kemudian menu klik lanjutkan, maka yang muncul adalah gambar seperti ini dengan begitu kamu telah selesai membuat suatu blog…. sekarang tinggal mengisi dengan artikel kamu saja.

Langkah 6
Okelah langsung saja kita belajar mengisi artikel… Kliklah tombol panah Mulai Blogging, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini, gambar di bawah merupakan contoh pengisian artikel. Kolom judul untuk judul artikel
dalam kolom yang lebar di bawahnya itu untuk menulis artikel kamu
dan label untuk mengisi jenis kategory artikel. jika sudah diisi semua kemudian tekan menu MEMPUBLIKASIKAN POSTING, jika muncul seperti ini maka kamu telah berhasil membuat satu artikel, untuk melihatnya klik menu Lihat Blog maka yang tampil akan seperti ini jika sudah muncul seperti itu.. kamu berati telah selesai dan berhasil membuat posting.
Langkah 7
Suatu saat jika ingin memposting artikel baru lagi, kamu tidak perlu mendaftar lagi… tinggal buka https://www.blogger.com/start, kemudian masukkan email kamu, dan paswod kamu saja, kemudian klik menu “masuk” maka kamu akan di bawa ke menu dashboard, sesaat kemudian kamu akan masuk pada dasboard bloger kamu, di situ kamu bisa mengedit, membuat posting, ataupun mengatur setting blog kamu dan yang terakhir, agar akun blogger kamu bisa digunakan secara penuh, jangan lupa konfirmasi dulu aku bloger kamu. caranya cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar, di situ akan terdapat satu buah email dari blogger berisi link konfirmasi. klik link tersebut, seperti gambar di bawah ini setelah kamu klik link tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini, menunjukkan akun blogger kamu sudah dikonfirmasi.
Langkah 8
Oh iya jika kamu sudah mempunyai email di Gmail. kamu tida perlu mendaftar dari awal tapi langsung saja masukkan alamat email gmail kamu dan paswod kamu, kemudian klik menu masuk. jika menggunakan email dari Gmail, kamu tidak perlu memasukan paswod dan email lain ataupun capta kode lagi tinggal masukkan nama tampilan saja kelanjutan langkah-langkahnya sama dengan yang di atas sampai di sini dulu posting tentang langkah membuat blog di blogspot, semoga cukup mudah dipahami, jika kurang paham mohon maaf, dan bisa menuliskan komentar ada di bawah ini jika ada pertanyaan dan saran. terima kasih. dan selamat mencoba






BAB IV
PEMBAHASAN

A. Pengertian
AIDS yang merupakan singkatan dari Accuirred Immune Deficiency Sindrome adalah suatu sindrom “serbuan” penyakit-penyakit terhadap tubuh akibat menurunnya sistem kekebalan. AIDS disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus). AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.
HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.[2][3] Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.
B. Masalah HIV/AIDS pada anak dan remaja adalah:
1. Rendahnya ilmu pengetahuan tentang HIV/AIDS,
2. Berbagai dampak ekonomi, psikososial bagi anak dan remaja yang terinfeksi,
3. Adanya praktek seks yang tidak aman, dan lain-lain.

C. Cara penanggulangan HIV pada anak dan remaja, yaitu:
1. Kerja sama dengan pihak terkait,
2. Pencegahan prioritas yang teritergrasi dengan upaya perawatan,
3. Mengintergrasikan pendidikan pencegahan HIV/AIDS ke dalam kurikulum baik ekstra maupun intra kurikuler,
4. Pencegahan prioritas yang terintegrasi dengan upaya perawatan, dukungan dan pengobatan,
5. Kegiatan pencegahan yang terintegrasi dengan pelayanan, dukungan dan pengobatan,
6. Pelayanan kesehatan reproduksi,
7. Meningkatkan akses terhadap pelayanan, dukungan dan pengobatan,
8. Mengurangi stigma dan diskriminasi,
9. Meningkatkan pengetahuan anak dan remaja tentang HIV/AIDS, dan
10. Hukum perlindungan yang berkaitan dengan HIV/ AIDS.
D. Penularan HIV/AIDS pada anak dan remaja dapat ditularkan melalui 3 cara, yaitu:
• Hubungan seks (anal, oral, vaginal) yang tidak terlindungi dengan orang yang telah terinfeksi HIV.
• Transfusi darat atau penggunaan jarum suntik secara bergantian.
• Melalui Alat Suntik.
HIV tidak ditularkan melalui jabatan tangan, sentuhan, ciuman, pelukan, menggunakan peralatan makan/minum yang sama, gigitan nyamuk, memakai jamban yang sama atau tinggal serumah.
E. Gejala-gejala HIV/AIDS, yaitu sebagai berikut:Gejala-Gejala AIDS
 Merasa kelelahan yang berkepanjangan
 Deman dan berkeringat pada malam hari tanpa sebab yang jelas.
 Batuk yang tidak sembuh-sembuh disertai sesak nafas yang berkepanjangan.
 Diare/mencret terus-menerus selama 1 bulan
 Bintik-bintik berwarna keungu-unguan yang tidak biasa
 Berat badan menurun secara drastis lebih dari 10% tanpa alasan yang jelas dalam 1 bulan.
 Pembesaran kelenjar secara menyeluruh di leher dan lipatan paha.
F. Bagaimana mengetahui orang yang sudah terinfeksi HIV/AIDS?
Hanya melalui penglihatan, Anda tidak bisa tahu apakah seseorang sudah terinfeksi HIV atau tidak.
 Pada kenyataannya, pengidap HIV terlihat sangat sehat.
 Satu-satunya cara untuk mengetahui hai ini adalah melalui tes darah HIV
 Di Indonesia, terdapat cukup banyak LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang dapat membantu
 Anda untuk mendapatkan pelayanan tes darah.
G. Melindungi Diri Dari HIV/AIDS, yaitu:Melindungi Diri Dari HIV/AIDS
• Jangan melakukan hubungan sesk dengan pasangan yang anda tidak ketahui kondisi kesehatannya.
• Hindari berganti-ganti pasangan seksual.
• Gunakanlah kondom dalam melakukan hubungan seks, jika salah satu atau keduanya terinfeksi HIV
• Jika membutuhkan transfusi darah, mintalah kepastian bahwa darah yang akan diterima bebas HIV
• Gunakan alat suntik sekali pakai
• Hindari mabuk-mabukan dan narkotik yang membuat Anda lupa diri.

H. Bagaimanan cara melakukan HIV/AIDS, yaitu:Bagaimanacara
Sebelum anda memeriksakan diri, konsultasilah terlebih dahulu kepada konselor atau tenaga kesehatan yang berpengalaman.
 Ketahui dan pahami pengertian HIV/AIDS, faktor resiko dan cara penularan, introspeksi diri dan cara pencegahannya.
 Apabila anda sudah yakin dan siap menerima segala resiko dan test HIV, silahkan periksa.
 Pilihlah pemeriksaan tanpa identitas untuk menjaga kerahasiaan anda.
 Test HIV dapat dilakukan dirumah sakit atau laboratorium kesehatan yang melayani Test HIV sesuai rujukan dari konselor anda (Tempat konsultasi dapat dilihat pada brosur ini)
 Konsultasikan kembali hasil tes tersebut dan minta penjelasan arti dari hasil tes tersebut kepada konselor atau tenaga kesehatan yang berpengalaman.






BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
AIDS yang merupakan singkatan dari Accuirred Immune Deficiency Sindrome adalah suatu sindrom “serbuan” penyakit-penyakit terhadap tubuh akibat menurunnya sistem kekebalan. AIDS disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus). AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). penyakit ini dapat menyebabkan kematian untuk generasi yang melakukan seks bebas (diluar pernikahan dengan partnernya yang dilakukan dengan cara berganti pasangan.

B. Saran
Dengan diadakan penyuluhan yang saya lakukan di desa Lubuk Rotan, maka para anak dan remaja penerus bangsa lainnya dapat mengetahui atau mendapatkan ilmu pengetahuan tentang bahayanya HIV/AIDS bagi anak dan remaja sehingga mereka mendapatkan wawasan yang lebih luas dngan adanya penyuluhan yang ada didesa Lubuk Rotan. Dan yang saya harapkan mdah-mudahan semoga para anak dan remaja dapat menjauhi penyakit yang menyebabkan kematian bagi penerus bangsa.











DAFTAR PUSTAKA
• http://id.wikipedia.org/wiki/AIDS
• http://www.blogspot.com/Definisi dan Cara Penularan-Penyebaran Virus HIV AIDS-Informasi Penyakit Menular Seksual.html.
• http://CiptoWardoyo.wordpress.com/2010/24/09/Racun Seks pada Remaja Akibat Globalisasi.blog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar